oleh

24 Agustus 1991, Rakyat Ukraina Rayakan Kemerdekaan

 

Rakyat Ukraina di Kota Kiev (Foto: AFP)
Rakyat Ukraina di Kota Kiev (Foto: AFP)

KAWANUAPOST.COM – PADA 24 Agustus 1991, rakyat Ukraina resmi mendapatkan dan merayakan kemerdekaannya. Hal itu didapatkan setelah selama 96 tahun wilayahnya berada dalam kendali Uni Soviet.

Ketika itu, 90 persen rakyat Ukraina yang memilih untuk memisahkan diri dari Uni Soviet membuat Pemerintah Republik Uni Sosialis Soviet (USSR) melepaskan wilayah Ukraina dan memberikan kemerdekaan.

Momen itu kemudian disusul dengan berdirinya Persemakmuran negara-negara Merdeka (PNM) yang diikuti oleh semua negara bekas Uni Soviet, kecuali tiga negara Baltik (Latvia, Estonia, Lithuania), dan Georgia.

Pada Desember 1991, para kepala pemerintahan dari Rusia, Ukraina, dan Belarusia menandatangani pakta yang secara resmi membubarkan Uni Soviet dan menyatakan berdirinya PNM.

Seperti dilansir Time and Date, Senin (24/8/2015), perayaan Hari Kemerdekaan di Ukraina sekaligus dijadikan Hari Libur Nasional di sana. Seluruh rakyat Ukraina ikut berkontribusi dalam merayakan Hari Kemerdekaannya dengan memenuhi jalan-jalan Kota Kiev untuk melakukan parade kostum unik, namun tidak lupa dengan atribut berwarna bendera Ukraina.

Selain di Kiev, warga Ukraina di kota-kota lain juga ikut merayakan dengan beragam kegiatan yang tidak kalah meriah seperti peluncuran kembang api, pameran-pameran fashion, konser musik, dan acara olahraga.

EDITOR : HERMAN MANUA.

Komentar

Tinggalkan Balasan