Walikota Tomohon Resmikan Laboratorium PCR

IMG-20210125-WA0085

 

TOMOHON, Kawanuapost.com – Walikota Tomohon, Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA meresmikan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) bertempat di RSUD Anugerah Tomohon, Sabtu (23/01/2021).

Selain Laboratorium PCR, Walikota Emang pun meresmikan Gedung Unit Transfusi Darah (UTD)/Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) dan Gedung Rawat Inap RSUD Anugerah Kota Tomohon.

Peresmian diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Khadim Pdt Emeritus Wowor Turang, STh.

Dalam sambutannya,  Walikota Eman mengatakan,kehadiran Laboratorium PCR di Kota Tomohon yang menjadi satu-satunya daerah di provinsi Sulawesi Utara yang mendapat stimulan dana pembangunan sarana penunjang fasilitas kesehatan yang berasal dari dana insentif daerah (DID) Dinas Kesehatan tahun anggaran 2020.

“Saat ini telah kita resmikan pemanfaatannya guna memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat Tomohon dan sekitarnya,” kata Eman.

“Kita patut bersyukur dan berbangga atas diresmikannya laboratorium ini. Yang nantinya ketika beroperasi normal ada sekitar 70 sampel Swab Test yang bisa diperiksa dalam sehari dan membutuhkan waktu sekitar enam jam. Hal ini mempercepat proses tracing dan tracking dari kabupaten kota lain di Sulut,” tambahnya.

Menurut Eman, hadirnya laboratorium ini merupakan suatu lompatan yang besar dalam penanganan pandemi di Kota Tomohon.

IMG-20210125-WA0083

Diketahui, manfaat besar dari hadirnya Laboratorium PCR di Kota Tomohon adalah :

1. Mempercepat diagnosa ODP, PDP dan Kontak Erat

2. Mempercepat pemeriksaan hasil sampel pasien terkonfirmasi Positif Covid-19.

3. Penghematan waktu rawat inap pasien.

4. Penanganan pasien juga lebih terarah dan tepat karena hasil tes Swab bisa lebih cepat diperoleh.

5. Dapat dengan cepat mendiagnosis berbagai penyakit infeksi selain Covid-19. Seperti Hepatitis, HIV, Human Papillomavirus, dan Tuberculosis.

6. Dapat mengurangi biaya/anggaran pemeriksaan hasil sampel.

PCR tetap merupakan standar tertinggi atau gold standard pendeteksian Covid-19 meski Rapid Test Antigen menawarkan akurasi yang tinggi dibandingkan Rapid Test Antibodi, sebab Rapid Test Antigen tetap merupakan Rapid Tes dengan tingkat akurasi yang lebih rendah dibandingkan PCR, namun patut diingat, hasil Test PCR memakan waktu beberapa hari dibandingkan Rapid Test yang membutuhkan waktu 30 menit.

Peresmian laboratorium PCR ini adalah salah satu bagian penting dari capaian pembangunan tahun 2020, karena keberhasilan atas dibangunnya Laboratorium PCR ini serta infrastruktur layanan lainnya yang representatif, sesungguhnya merupakan sebuah capaian prestasi yang tinggi dari komitmen dan dedikasi kami bagi pembangunan di Kota Tomohon untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Terima kasih kepada panitia pembangunan dan jajaran Dinas Kesehatan serta segenap komponen yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga Laboratorium PCR dan infrastruktur penunjang lainnya dapat terwujud,” ungkap Eman.

“Saya ingin pula menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua tenaga kesehatan yang telah bekerja dan berjuang mempertaruhkan nyawa di tengah pandemi khususnya para dokter, perawat dan tenaga medis penunjang lainnya, sehingga penanganan dan penanggulangan pandemi ini dapat berlangsung dengan baik,” terangnya.

“Selanjutnya, kita semua tentu menaruh harapan yang sangat besar bahwa keberadaan Laboratorium PCR akan memberikan dampak luas bagi pelayanan kesehatan masyarakat, seiring perayaan Hari Ulang tahun ke-18 Kota Tomohon yang bertema ‘Bergandengan Tangan Lawan Covid-19, Kita Lanjutkan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan untuk Kota Tomohon semakin Maju dan Sejahtera,” tutupnya.

Hadir Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan, Kajari Tomohon Immanuel Richendryhot, SH, MH serta perwakilan Forkopimda lainnya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR. Juliana D. Karwur, M.Kes, Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr. Deesje Liuw, M. Biomed, jajaran RSUD Anugerah Kota Tomohon dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (DIK/DENY)

Tinggalkan Balasan