oleh

Pertemuan Raya dan KONAS XVI PKB PGI 2023 Ditutup Dengan Ibadah Agung

 

MINAHASA, Kawanuapost.com – Ibadah Agung dan Pertemuan Raya dan KONAS XVI PKB PGI 2023 di Stadion Maesa Tondano, dihadiri ribuan peserta, Sabtu (09/09/2023).

Ibadah berlangsung hikmat, diisi dengan penampilan kesenian dari lintas agama dan budaya.

 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat memberikan sambutan mengapresiasi Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw sebagai Ketua Umum Panitia Pelaksana Pertemuan Raya dan KONAS.

Gubernur Olly memuji peran panitia yang sukses menggelar kegiatan yang berlangsung sejak 1 September 2023.

Gubernur Olly juga salut kepada KGPM sebagai tuan rumah yang totalitas sebagai penyelenggara kegiatan.

 

“Dan bersyukur kepada Tuhan, karena penyertaanNya kita semua bisa mengikuti acara hebat ini,” ucap Gubernur Olly.

Gubernur Olly mengajak peserta dan warga berdamai dengan Tuhan, agar semua yang direncanakan mendapat tuntunanNya.

Selain itu, ia mengingatkan untuk berdamai dengan diri sendiri dan lingkungan.

 

Gubernur Olly turut menanggapi musim kemarau yang membuat beberapa daerah di Indonesia dilanda kekeringan.

Ia bersyukur di Sulut, tidak terlalu berdampak dengan kondisi cuaca saat ini.

“Puji Tuhan semua masih terjaga. Itu karena pemerintah dan masyarakat berjalan bersama saling gotong-royong,” kata Gubernur Olly.

Sementara Wagub Steven Kandouw melaporkan peserta yang terlibat dalam Pertemuan Raya dan KONAS mencapai 4.700-an peserta se-Indonesia.

Wagub Kandouw juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, atas partisipasi dan perhatian, sehingga Pertemuan Raya dan KONAS FK PKB-PGI berjalan sukses.

 

“Dan kepada peserta selamat menikmati keindahan bumi nyiur melambai,” ujar Steven.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly bersama Wagub Kandouw menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba-lomba.

Diketahui, Pertemuan Raya dan Konsultasi Nasional (KONAS) XVI FK PKB PGI dibuka di Basecamp Tounsaru, Rabu (06/09/2023).

Gubernur Olly mengungkapkan rasa terimakasihnya atas dilaksanakannya event akbar nasional tersebut di Bumi Nyiur Melambai.

“Sangat berterimakasih karena KGPM (Kerapatan Gereja Protestan di Minahasa), yang berada di Provinsi Sulut pusat sinodenya ditunjuk menjadi tuan rumah, sehingga dampak secara positif, Sulawesi Utara banyak orang datang,” ungkap Gubernur Olly usai pembukaan.

 

Selanjutnya, kepada warga Sulut, Gubernur Olly mengatakan harapannya. “Masyarakat Sulut, mari menyambut tamu-tamu kita dari Sabang sampai Merauke yang datang beribadah bersama-sama di Minahasa,” pesannya.

Acara pembukaan dihadiri Wagub Sulut Drs Steven OE Kandouw sebagai Ketua Panitia Pelaksana Konas, Majelis Pekerja Harian PGI, seluruh pengurus FK PKB PGI, para walikota dan bupati se-Sulut maupun daerah lain, Forkopimda, Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gembala Frangky Londa yang sekaligus memimpin ibadah. Hadir juga seluruh pimpinan PKB, peserta PKB dan Konas FK PKB PGI XVI, para tokoh agama, pimpinan sinode, pimpinan gereja, pendeta, gembala yang hadir.

Ibadah diselingi penampilan tarian dan paduan suara dari North Sulawesi Male Choir dan paduan suara dari Papua yang merupakan kontingen pertama yang berada di Sulut sejak 10 hari lalu.

(Advetorial Diskominfo Sulut)