oleh

Gubernur Olly Apresiasi Kinerja Bank Sulut

 

MANADO, Kawanuapost.com – PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo Bank SulutGo (BSG) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2024 di Kantor Pusat BSG, pada Senin (05/02/2024).

Pada RUPS kali ini, BSG mencatatkan kinerja positif yang menutup tahun 2023 dengan perolehan laba bersih Rp250 miliar atau bertumbuh 3.56% secara YoY (year on year).

Selanjutnya, aset tercatat mencapai Rp20.859.580 juta (Rp20 triliun) atau bertumbuh 3,41% YoY.

BSG juga berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp14.850.716 juta (Rp14 triliun) atau bertumbuh 9,99% YoY.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE selaku Pemegang Saham Pengendali, menyatakan optimistis bahwa kinerja BSG semakin mantap dan dapat diandalkan.

“Kinerja Bank SulutGo semakin mantap. Tindak lanjutnya adalah semakin meningkatkan pertumbuhan untuk pemenuhan modal inti Bank sebesar Rp3 triliun,” ucapnya.

Secara keseluruhan BSG, tambah Gubernur Olly dinyatakan sehat.

“Capaian kinerja yang sangat baik. Ini semua tak lepas dari kinerja seluruh jajaran direksi. Bahkan BSG yang sebelumnya ada di level 3 saat ini naik ke level 2,” imbuhnya.

Direktur Utama BSG, Revino Pepah menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran dan pegawai yang telah bekerja keras sepanjang tahun 2023. Bahkan juga dukungan dari para pemegang saham atas kepercayaan bagi para pengurus untuk membawa BSG terus bertumbuh.

“Di tahun 2024, kami akan terus mendorong pertumbuhan optimal BSG dengan fokus untuk bertumbuh pada pasar yang telah dikuasai (captive market) serta perbaikan kualitas pelayanan Bank,” ungkapnya.

Pasca Pandemi Covid-19, sebut Pepah, Dewan Komisaris dan Direksi yang telah diangkat sejak tahun 2021 berdasarkan Akte RUPS No.6 tanggal 18 Maret 2021, hingga saat ini berhasil membawa BSG bertumbuh secara optimal dari segi laba dan dividen yang dibagikan meski diterpa kondisi ekonomi yang fluktuatif.

Agenda RUPS yang dibahas, antara lain
tentang laporan kinerja keuangan 2023, pengesahan laporan keuangan dan penggunaan laba bersih 2023, serta penetapan Dana Tanggung Jawab Sosial (TJSL).

“Agenda RUPS Luar Biasa yang dibahas adalah pengesahan dana setoran modal tahun 2024, tindak lanjut pemenuhan modal inti Bank sebesar Rp3 triliun dan pengesahan mekanisme penggunaan atau pembagian Agio.

“RUPS kali ini merupakan milestone tersendiri, karena pertama kalinya dilaksanakan di Kantor Pusat BSG yang baru yang diresmikan pada Jun! 2023 yang lalu,” ujarnya, sembari menambahkan BSG merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) kedua yang melaksanakan RUPS Kinerja Keuangan tahun 2023 di tahun 2024, setelah Bank Jateng pada 29 Januari 2024.

Pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik untuk audit keuangan di tahun 2024.

RUPS turut dihadiri Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, 4 walikota dan 11 bupati se-Sulut, 1 walikota serta bupati se-Gorontalo, perwakilan PT. Mega Corpora dan Koperasi Karyawan maupun Dewan Komisaris dan Direksi.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan SulutGomalut, Winter Marbun, yang sempat hadir usai RUPS juga mengatakan, bahwa kinerja BSG sudah setara dengan perbankan nasional.

“Kinerja tumbuh positif sebesar 10 persen. Tetapi BSG juga harus meningkatkan kinerja untuk memenuhi modal inti,” pungkasnya. (*)