oleh

Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Rawan Pelanggaran, Bawaslu Sulut Sosialisasi kepada Segenap Stakeholder

Manado. Kawanuapost. com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan sosialisasi dukungan sekretariat bersama stakeholder, dalam pengawasan tahapan pemungutan suara, serta penghitungan suara pada pemilihan umum tahun 2024 di salah satu hotel di Manado, Rabu (07/02).

Saat kegiatan berlangsung

Kegiatan dibuka oleh Komisioner Bawaslu Sulut, Steffen Linu. Dalam sambutannya, ia menjelaskan berbagai fungsi dari Bawaslu Sulut.

Menurutnya, saat dahulu fungsi Bawaslu sesuai dengan devisi masing-masing. Namun, saat ini dalam melakukan berbagai kegiatan pengawasan, dilakukan secara bersamaan

Kinerja Bawaslu dilakukan berbasis anggaran pengawasan di tahun 2024, sehingga dukungan sekretariat untuk administrasi untuk pihaknya sangat besar dalam mengembangkan tugas yang akan dilakukan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Aldrin Christian menyampaikan, pemilu tinggal menghitung hari atau pemungutan dan penghitungan surat suara, baik presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD provinsi serta DPRD kabupaten/kota. “Ada lima surat suara yang nantinya akan dipilih,” ujarnya.

Ia menambahkan, Bawaslu Sulut sebagai penyelenggara yang diberikan tugas untuk mengawal proses demokrasi yang sudah sementara berlangsung ini tahap pemilu.

Sosialisasi pun kerap kali dilakukan kepada segenap stakeholder terkait dengan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang nantinya dilaksanakan di hari H, tapi juga rekapitulasi setelah hari H.

“Bakal ada situasi-situasi yang kemudian intensitas meningkat di TPS dan juga di tempat rekapitulasi nanti, butuh dukungan kita bersama,” tuturnya.

Aldrin pun berharap, pelaksanaan pemilu 2024 berjalan dengan aman, damai, lancar dan sukses.
“Yang paling penting ialah pemilu berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” imbuhnya. (*)