oleh

Berhasil Jalankan Pembangunan, ODSK Raih Berbagai Prestasi di 2023

 

MANADO, Kawanuapost.com – Gubernur Prof DR (HC) Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur, Drs Steven Kandouw (OD-SK) berhasil menjalankan roda pemerintahan dan program pembangunan pada tahun 2023.

Hal itu terungkap pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulut dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulut Tahun 2023.

Pada menyampaikan LKPJ, Gubernur Olly mengungkapkan berbagai capaian dan prestasi yang diraih Provinsi Sulut di sepanjang tahun 2023.

Gubernur Olly mengatakan, kebijakan umum Pemerintah Daerah di tahun 2023 dalam pelaksanaan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan di Sulut mengacu pada 5 Misi Pembangunan Daerah, yaitu;

Pertama, Peningkatan kualitas masyarakat.

Kedua, Penguatam ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan dan pariwisata dan jasa.

Ketiga, Pembangunan infrastruktur dan konektivitas yang memadai.

Keempat, Pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Kelima, Pemerintah yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.

Gubernur Olly mengungkapkan realisasi capaian pendapatan daerah di tahun anggaran 2023 sebesar 3.538.185.274.966 (3,538 triliun) atau 89 persen dari target, sementara untuk realisasi belanja daerah sebesar 88,07 persen.

Atas kerja keras juga sinergitas dalam pengelolaan keuangan selama ini, membuat Sulawesi Utara mampu mempertahankan opini WTP dari BPK RI.

“Sekarang ini sementara audit BPK dan diharapkan dapat meraih capaian yang sama agar Sulawesi Utara nantinya dapat meraih opini WTP 10 kali berturut-turut,” ucapnya.

Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Sulut mampu menjaga pertumbuhan ekonomi terus meningkat di angka 5,48, sekaligus menekan inflasi dan menurunkan angka kemiskinan.

Di sektor Pendidikan, Pemprov Sulut sukses melaksanakan transformasi pembelajaran di satuan pendidikan. Juga mengakomodir formasi tenaga pendidik yakni 460 orang jenjang SMA, 800 orang jenjang SMK dan 34 orang di SLB.

Komitmen Pemerintah memajukan dunia pendidikan, bahkan diganjar penghargaan Anugerah Kihajar 2023 dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendidikan (Pustekkom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Dalam Pelayanan Kesehatan, OD-SK juga mengoptimalkan berbagai fasilitas kesehatan untuk menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk mengakomidir 95 persen warga sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Inovasi ini membuat Sulut meraih penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Award yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI.

Di bidang Ketenagakerjaan, Pemprov Sulut konsisten berinovasi lewat program PERKASA, PESONA dan jaminan ketenagakerjaan lainnya. Komitmen di dunia ketenagakerjaan tersebut berbuah penghargaan Naker Award 2023.

Berbagai inovasi juga dilakukan Pemerintah Provinsi Sulut, di antaranya dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, peningkatan ketahanan pangan, lingkungan, administrasi kependudukan serta sektor lainnya yang juga berbuah sejumlah penghargaan prestisius.

“Program dan kerja yang kita laksanakan sudah memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi daerah dan telah memberikan dampak terhadap sektor-sektor yang akan kita lakukan kedepan. Untuk memastikan apa yang kita lakukan benar-benar bermuara pada kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Gubernur Olly.

“Mari terus jalin sinergitas dalam melanjutkan setiap kebijakan mengoptimalkan program-program strategis pembangunan dalam RPJMD 2021-2026,” ajak Gubernur Olly.

Hadir dalam rapat, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulut, Forkopimda Sulut dan pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Sulut.

(Advetorial Dinas Kominfo Sulut)