oleh

Pemkot Bitung Siap Lunasi Anggaran Pilkada KPU sesuai Batas Akhir NPHD

Manado. Kawanuapost. com – Pemerintah Kota Bitung tetap mendukung kinerja semua komponen yang ada, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung menyambut konstelasi politik, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) nanti. Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Kota Bitung, Ir Ruddy Theno ST MT.

Kantor KPU Kota Bitung. (Ist)

Termasuk di dalamnya anggaran Pilkada Kota Bitung, ataupun bantuan lainnya yang akan menunjang pemenuhan kelancaran Pilkada, baik anggaran KPU maupun pihak Bawaslu Kota Bitung.

Ia pun tak menampik soal surat yang dilayangkan ke KPU, isinya perihal keterbatasan anggaran kas daerah. Sehingga anggaran Pilkada Kota Bitung sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Rp 33 Miliar, belum sepenuhnya dipenuhi Pemkot Bitung.

Media Gathering

Ruddy pun memastikan Juni 2024 nanti, sisa anggaran kebutuhan KPU Bitung akan dilunasi oleh Pemkot Bitung.

“Kami sudah menyurat ke KPU, sekarang akan dibayar tahapan. Prinsipnya tanggal 27 Juni 2024 akan dilunasi sesuai NPHD ,” ujarnya melalui WA saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (02/05/24) kemarin.

Sebagai informasi, surat Pemkot Bitung tertanggal 25 Maret 2024 ke KPU isinya dalam waktu dekat mencairkan Rp 3 Milliar, dari NPHD sebesar Rp33 Miliar.

Penjelasan Sekot Bitung sekaligus menjawab keterlambatan realisasi anggaran Pilkada yang dihadapi sejumlah KPU Kabupaten Kota di Sulut.

Hal ini juga menjadi pembahasan dalam Media Gathering tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2024, serta Festival Anggaran dari KPU kabupaten/kota, yang dilaknakan KPU Sulut di Kawasan Mega Mas, Rabu (01/05/24).

Dalam pertemuan tersebut, Anggota Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara (KPU Sulut) Lanny Anggriany Ointu SE, mengingatkan untuk para awak media ikut mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 di Sulut.

Kata Ointu, media perlu mengawal mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, di dalamnya menyangkut peruntukan anggaran guna kelancaran terlaksananya Pilkada serentak di seluruh kabupaten/kota, termasuk pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut nanti.

“Harus transparan, sehingga teman-teman pers perlu mengawal penggunaan serta peruntukan anggaran Pilkada serentak, apakah yang dikelola KPU Sulut maupun KPU di Kabupaten Kota,” tegasnya.

Media Gathering tersebut puluhan wartawan dari televisi, radio, media cetak dan media online, dengan menghadirkan narasumber Ketua KPU Sulut, Awaluddin Umbola, Anggota KPU Sulut
Lanny Ointu, Ketua KPID Sulut, Reidy Sumual dan Dekan FISIP Unsrat, Ferry Liando. (*)