oleh

Toni Supit Berjuang, 301 KK Dapat Memberikan Hak Suara di TPS Khusus

Manado.Kawanuapost – Toni Supit, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dapil Nusa Utara, akan berjuang untuk masyarakat yang ada di luar Nusa Utara, karena bencana yang dialami beberapa waktu lalu, agar dapat memberikan hak suara saat Pilkada berlangsung.

Toni Supit

Menurut Mantan Bupati Sitaro ini, pihaknya akan melakukan konsultasi dengan Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulut dan KPU Sitaro, agar memberikan usulan bagi warga Sitaro terdampak erupsi gunung ruang yang saat ini berada di pengungsian yang tersebar di Kota Bitung, Minut dan Manado, untuk dapat memfasilitasi agar mereka disiapkan TPS Khusus.

“Kami akan berupaya agar warga Tagulandang yang berada di lokasi pengungsian dapat memberikan suara pada pemilihan bupati nanti,” ujarnya Selasa (28/05/2024).

Ia pun menjelaskan, ada sekitar 301 kepala keluarga (KK) yang saat ini tersebar dan menunggu pihak terkait untuk merelokasi ke
di Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan (Bolsel). Lokasi ini sudah disiapkan Pemprov Sulut untuk ditempati oleh warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang. “Disana juga akan didukug dengan fasilitas yang dibutuhkan warga,” ujarnya.

Di sisi lain, Toni Supit pun menyatakan, pascabencana sebagai warga sudah beraktivitas dengan normal kembali. Hanya saja warga yang ada di Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente, Kecamatan Tagulandang, Kepulauan Sitaro masih menunggu untuk proses relokasi ke Bolsel.(*)