oleh

Wagub Kandouw Tinjau Cath Lab di RSUD ODSK

 

MANADO, Kawanuapost.com — Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven OE Kandouw, meninjau langsung fasilitas Laboratorium Katerisasi atau biasa disebut Cath Lab di RSUD ODSK Provinsi Sulut, Kamis (06/06/2024).

Fasilitas kesehatan modern tersebut khusus untuk pasien penyakit jantung yang menjadi pelengkap pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Wagub Kandouw mengatakan RSUD ODSK kini mempunyai kemampuan mumpuni, baik infrastruktur dan SDM dalam penanganan lewat tindakan kateterisasi jantung.

“Jadi semua masalah jantung sampai yang berat sudah bisa ditangani di RSUD ODSK,” katanya.

Ia menuturkan akses pelayanan penyakit jantung yang dimiliki RSUD ODSK, patut diapresiasi dan disyukuri.

“Ini hal yang luar biasa. Dan saya sudah melihat sendiri tadi ruangan dan alat-alatnya sangat representatif, boleh bersaing dengan rumah sakit mana saja. Bahkan boleh saya katakan, fasilitas Cath Lab kita ini yang terbaru yang ada di Sulawesi Utara,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) RSUD ODSK, dr Lidya Tulus, menjelaskan RSUD ODSK tersedia dua dokter spesialis jantung intervensi, salah satunya lulusan Filipina.

“Jadi, untuk pelayanan semua jenis penyakit jantung bisa dilaksanakan di RSUD ODSK,” tandasnya.

Steven Kandouw dalam peninjauan ini turut didampingi Asisten III Setdaprov Sulut Frangky Manumpil dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut, dr Debbie Kalalo. (*)