oleh

Ferry Liando: Lebih Baik Mencegah Daripada Menindaki Pelanggaran Saat Pemilu

Manado. Kawanuapost. com – Dosen Kepemiluan Fisip Unsrat Dr Ferry Daud Liando, S.IP MSi mengemukakan, Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu memiliki peran penting, dalam melakukan pengawasan setiap proses tahapan baik itu pemilu, ataupun pilkada.

Saat Ferry Liando menjadi pembicara di kegiatan Bawaslu Sulut

Lanjutnya, saat Bawaslu punya grand design dalam metode pengawasan yaitu mengedepankan pencegahan daripada penindakan.

“Lebih baik mencegah, daripada menindaki pelanggaran yang ada, ” ujarnya dalam rapat evaluasi fasilitasi pembinaan dan penguatan kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulut dalam pengawasan tahapan pemilu tahun 2024, di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Sabtu (08/06/2024).

Kata Ferry Liando, akan lebih mudah ketika diawal sudah melakukan pencegahan daripada masuk dalam tahap penindakan. Tugas-tugas pengawasan seperti ini, perlu dioptimalkan dan perlu dilakukan mitigasi awal agar praktik-praktik dugaan pelanggaran bisa diminimalisasi.

Dekan Fisip ini pun mengajak, semua pihak termasuk stakeholder agar berkolaborasi dengan Bawaslu dalam melakukan pengawasan, dan pencegahan di setiap tahapan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu dan pilkada.

“Mari sama-sama kita kerjasama dan kolaborasi bersama Bawaslu dalam rangka pencegahan tindakan-tindakan pelanggaran dalam pemilu dan pemilihan. Ini momentum untuk melakukan pencegahan, perjalanan kita masih panjang kolaborasi dalam pencegahan itu penting,” tegasnya. (*)